Senin, 30 November 2009

Atom, Ion dan molekul

RANGKUMAN MATERI KIMIA (ATOM, ION MOLEKU, BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI, DAN BAHAN TAMBAHAN MAKANAN), DAN ZAT ADIKTIF, DAN PSIKOTROPIKA

 Partikel adalah bagian terkecil dari suatu zat yang masih mempunyai sifat yang sama dengan materi tersebut
 Materi/zat adalah sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang.
 Atom adalah bagian terkecil dari unsur yang masih mempunyai sifat unsur itu.
 Atom terdiri dari:
o Inti atom, yang terdiri dari proton (yang bermuatan positif) dan neutron yang tidak bermuatan
o Elektron yang mengelilingi atom bermuatan negatif
 Teori atom dalton:
o Materi terdiri atas partikel-partikel yang jika dibagi-bagi menjadi partikel-partikel terkecil yang tidak dapat dibagi yang dinamakanatom
o Atom-atom untuk unsur yang sejenis sifatnya sama, sedangkan atom-atom yang berlainan jenis akan memberikan sifat yang berbeda
o Antara atom-atom baik yang sejenis maupun yang berlainan jenis akan dapat bergabung dengan ikatan kimia membentuk molekul
 Rutherford dan Hans Geiger dan Ernerst Marsden membuat kesimpulan:
o Atom terdiri atas partikel yang bermuatan positif yang terletak dalam intinya (di tengah)
o Elektron-elektron sebagai partikel bermuatan negatif mengelilingi proton pada lintasan-lintasannya (orbitnya)
o Atom netral mempunyai jumlah elektron yang sama dengan jumlah protonnya
 Orbit atau lintasan elektron disebut kulit atom


Nomor massa dan nomor atom

 Kulit Atom, terdiri dari kulit
o K, memiliki jumlah elektron maksimum=2
o L, memiliki jumlah elektron maksimum=8
o M, memiliki jumlah elektron maksimum=18
o N, memiliki jumlah elektron maksimum=32.
o Dst. Menggunakan rumus 2n2




 Molekul adalah adalah gabungan dua atom atau lebih yang sejenis maupun yang tidak sejenis.
 Molekul unsur adalah gabungan dua atom yang sejenis, contoh O2, H2, Cl2, dll.
 Molekul senyawa adalah gabungan dua atom yang tidak sejenis, contoh H2O .
 Ion adalah atom yang dapat melepaskan atau menerima elektron
 Ion bermuatan positif disebut kation (melepaskan elektron), contoh Na+, K+, Ca 2+, dll.
 Ion bermuatan negatif disebut anion (menerima elekron), contoh Cl-, I-, SO42-, dll.
 senyawa ion, contohnya NaCl

Bahan Kimia dalam Kehidupan sehari-hari
1. Sabun, terbagi menjadi dua macam: sabun lunak yang dibuat dari lemak dan basa KOH (kalium hidroksida, dan sabun keras yang dibuat dari lemak dan basan NaOH (natrium hidroksida.
Cara kerja sabun: sabun merupakan zat emulgator yaitu dapat berikatan dengan air dan lemak. Sabun dapat menurunkan tegangan permukaan air sehingga air mudah membasahi bahan kemudian sabun menarik kotoran dari bahan dan menahan kotoran agar tetap tersuspensi dalam air.
2. Bahan pemutih merupakan zat kompleks yang terdiri dari: Ca(OCl2) selain untuk memutihkan dapat sebagai desinfektan (membunuh kuman) karena mengandung klor
3. bahan pewangi, bahan dasarnya adalah zat alami atau sintesis yang memliki aroma wangi dengan pelarut alkohol.
4. pupuk, adalah semua zat yang ditambahkan pada tanah dengan tujuan memperbaiki sifat fisis, kimia dan biologi tanah. Unsur hara merupakan makanan yang dibutuhkan tumbuhan. Unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah banyak disebut unsur makro, contoh C, H, O,N,P,K, Ca, Mg, dan S. Unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit disebut unsur mikro, contoh Cl, Fe, B, Mn, Zn, B, dan Mo.
5. pestisida adalah bahan yang digunakan untuk membunuh hama tanaman dan hasil tanaman, contoh pestisida adalah insektisida (membunuh serangga), fungisida (membunuh jamur), herbisida (membunuh tanaman pengganggu (gulma)), rodentisida (membunuh tikus), dan nematisida (pembasmi cacing).

bahan kimia di bidang industri
1. polimer adalah senyawa yang terdiri atas monomer-monomer yang membentuk rantai yang sangat panjang dan merupakan bahan dasar dari barang industri sepertoi sutera, wol, kapas, dll.
2. plastik merupakan polimer buatan, dibagi menjadi dua: termoset, dan termoplastik.
3. cat merupakan bentuk suatu bentuk emulsi yang dibuat dngan bahan kimia. Cat dibagi menjadi dua kelompok, cat dengan pelarut air dan cat dengan pelarut minyak. Bahan utama cat adalah zat pengikat yang berfungsi sebagai pengikat, pewarna (pigmen), dan zat pengisi.

Bahan kimia di bidang kesehatan
1. obat-obatan farmasi, contoh alkohol untuk pelrut berbagai zat yang tidak larut dalam air, analgesik yang merupakan obat yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit, antibiotikobat antibakteri dan antimikroorganisme yang lain, dll
2. obat-obatan tradisional contohnya lidah buaya untuk obat gatal atau penyakit kulit, obat diabetes, dll, bawang putih sebagai obat asma, penurun panas, penurun daarh tinggi, dan sebagai antibiotik, minyak kelapa sebagai obat diabetes, kulit gatal, penyakit ketombe, dll.

Bahan tambahan makanan (zat Aditif)
1. pewarna: dibagi dua macam:
a. alami: contoh karotenoid (warna orange pada jeruk, dan warna merah cabai), kurkumin (warna kuning pada kunyit), antosianin (warna merah, orange, dan biru) pada buah-buahan.
b. Sintesis, contoh Briliant Blue FCF (pewarna biru), karamel (pewarna cokelat), alkanat, violet GB (pewarna ungu), dll). Yang dilarang adala Rhodamin D (pewarna merah), metanil yellow (pewarna kuning), dll.
2. pemanis, dibagi dua macam:
a. alami, gula
b. sintesis: sakarin, siklamat, sorbitol, aspartam. Dilarang adalah dulsin
3. pengawet
a. alami, garam, gula, dan asam jawa
b. sintesis, natrium benzoat, propionat, sulfit, garam nitrit, dll. Yang dilarang boraks, dan formalin.
4. penyedap
a. alami: bumbu dapur, seperti bawang putih, cabai, merica, dll.
b. Sintesis, MSG atau vetsin.
5. pengembang, ada dua macam:
a. menggunakan ragi (jamur) dengan cara fermentasi
b. menggunakan bahan kimia seperti Natrium bikarbonat (NaHCO3), tepung soda kue yang terdiri dari campuran natrium bikarbonat dengan garam natrium aluminium (Na2 Al2(SO4)4) dan garam kalsium hidrofosfat (CaH4(PO4)2)

Zat Adiktif dan Psikotropika
o zat adiktif dalah zat yang dapat menimbulkan ketagihan atau kecanduan baik secara psikologis maupun fisik contoh minuman keras, rokok karena mengandung nikotin, dll.
o Zat psikotropika adalah zat atau obat baik alami maupun sintesis yang berkhasiat psikoaktif melaui pengaruh selektif pada susunan saraf yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku, contoh ekstasi yang merupakan turunan amfetamin, shabu-sahabu, dll.
o Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tnaman baik sintesis maupun semisintesis yang dapat menyebabkan penurunan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan, contoh ganja, heroin. Kokain, dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar